DSSA Sinarmas lini bisnis Penyediaan Tenaga Listrik

Perdagangan Pupuk dan Bahan Kimia

Di bisnis perdagangan pupuk dan bahan kimia, Perseroan menjalankan kegiatan usahanya melalui PT Rolimex Kimia Nusamas, entitas anak. Produk diimpor dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia. Pada saat ini penjualan kepada pelanggan masih didominasi entitas anak usaha grup Sinarmas sebesar 60%.




Pada tahun 2020, pendapatan pada bisnis perdagangan pupuk, dan bahan kimia ini terutama didukung oleh penjualan pupuk 46%, penjualan bahan kimia 35%, dan penjualan pestisida 17%. Volume penjualan pupuk pada tahun 2020 mencapai 181.421 ton, volume penjualan bahan kimia mencapai 94.509 ton, dan volume penjualan pestisida mencapai 5.537 kiloliter.


Pada tahun 2020, jumlah produk pupuk dan pestisida yang diimpor oleh Perseroan adalah sekitar 2,9% dan 6,5% dari total impor pupuk dan pestisida Indonesia. Pupuk dan bahan kimia yang diimpor oleh Perseroan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, di mana pelanggan utama Perseroan saat ini adalah berbagai perusahaan dalam grup Sinarmas.

Perseroan akan terus berupaya untuk meningkatkan penjualan kepada pihak ketiga, melakukan penataan struktur biaya dengan lebih baik, meningkatkan penjualan ragam produk kimia khusus untuk berbagai industri dan menjajaki pengembangan model bisnis total solution.