DSSA Sinarmas lini bisnis Penyediaan Tenaga Listrik

Pertambangan

Perseroan menjalankan aktivitas bisnisnya di bidang pertambangan dan perdagangan batubara termal melalui PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) dan entitas anaknya, serta PT Andalan Satria Lestari dan entitas anaknya. Konsesi tambang utama yang dimiliki oleh GEMS dan PT Andalan Satria Lestari beserta entitas anaknya terletak di Sumatra Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Perseroan dan entitas anak telah memiliki izin untuk melakukan aktivitas pertambangan batubara.


Selain pertambangan batubara termal, Perseroan juga menjalankan aktivitas pertambangan dan perdagangan batubara metalurgi Stanmore Coal Limited melalui kepemilikan saham Golden Investments (Australia) Pte. Ltd. oleh Golden Energy and Resources Limited, entitas anak Perseroan. Pada tahun 2020, Perseroan melalui entitas anak juga mulai menjajaki bisnis pertambangan emas dengan membentuk usaha ventura bersama dengan EMR Capital untuk melakukan investasi dalam sebuah pertambangan emas di Australia, Ravenswood Gold Group Pty Ltd.




Dalam melaksanakan aktivitas bisnisnya di bidang pertambangan dan perdagangan batubara, Perseroan senantiasa mendukung dan berupaya memenuhi kebijakan DMO dari ESDM, yaitu minimal 25% dari total produksi batubara. Untuk mendukung penjualan batubara di pasar domestik, Perseroan telah memiliki kontrak penjualan jangka panjang dengan PLN dan beberapa pelanggan lainnya.


Pada tahun 2020, sebanyak 35% dari produksi batubara Perseroan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik. Sedangkan sebanyak 65% dialokasikan untuk pasar ekspor di beberapa negara Asia, seperti Tiongkok, India, dan Korea Selatan.


Perseroan melalui entitas anak berupaya untuk menyeimbangkan portofolio pasar dengan menjangkau pasar-pasar dan pelanggan batubara baru. Perseroan akan terus berupaya untuk memperkuat pemasaran batubara termal, baik ke pasar domestik maupun internasional, serta untuk memperluas pemasaran ke India, Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand serta pasar-pasar baru lainnya di Asia seperti Pakistan, Singapura, dan Kamboja.