Aspek Ketenagakerjaan, Kesehatan, Dan Keselamatan

Kebijakan [103-1] [103-2]

Perseroan berupaya memenuhi kebutuhan jumlah SDM yang memadai untuk mendukung kegiatan usaha Perseroan dan entitas anak. Perseroan senantiasa berupaya memastikan bahwa hak-hak karyawan, khususnya yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, kesehatan, dan keselamatan kerja dapat terpenuhi.

Dalam rangka menjunjung tinggi prinsip keadilan, Perseroan memberikan kesempatan yang setara kepada setiap karyawan untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang relevan dalam mengembangkan kompetensi dan karir secara profesional, serta memperoleh remunerasi yang adil di atas upah minimum regional (UMR), tanpa membedakan suku, agama, gender, usia, dan ras. Informasi mengenai pelatihan bagi karyawan dan calon karyawan tahun 2020 dapat dilihat pada bagian Profil Perusahaan, sub-bagian Sumber Daya Manusia.

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi karyawan dalam mendukung kelancaran kegiatan usaha Perseroan dan entitas anak, Perseroan memiliki kebijakan internal terkait pengelolaan SDM, Peraturan Perusahaan, dan Perjanjian Kerja Bersama yang disahkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Perseroan menyadari bahwa ketidakpastian lingkungan alam dan faktor kelalaian manusia dapat menimbulkan risiko besar bagi kegiatan usaha. Oleh karena itu, Perseroan perlu menaruh perhatian besar pada kesehatan dan keselamatan kerja dan menerapkan standar keselamatan yang tinggi dan mengambil langkah mitigasi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut serta meminimalkan gangguan pada bisnis, aset, lingkungan, dan pemangku kepentingan. Salah satu kebijakan yang telah diambil adalah penerapan kebijakan kesiapan darurat oleh entitas anak di bisnis pertambangan batubara.

Dengan kesiapan-kesiapan darurat ini, pada tahun 2020, BIB, entitas anak, mencatatkan Lost Time Injury Frequency Rate (LTIFR) sebesar 0.07 dan Lost Time Injury Severity Rate (LTISR) sebesar 8.63. LTIFR tahun 2020 relatif stabil dibandingkan dengan LTIFR pada tahun sebelumnya. LTISR mengalami sedikit peningkatan pada tahun 2020 dibandingkan tahun sebelumnya karena terjadinya kecelakaan kerja akibat kelalaian kontraktor dalam mematuhi kebijakan keselamatan kerja yang telah ditetapkan. BIB telah menangani kejadian ini dengan serius, dan telah menerapkan upaya untuk mencegah terulangnya kecelakaan kerja serupa.

Atas pelaksanaan program CSR dalam Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara, pada tahun 2020, BIB, entitas anak, mendapatkan penghargaan Utama untuk Kelompok Perusahaan Pertambangan Pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara dari ESDM. [102-12]

Untuk menjamin kesehatan, keselamatan dan efektivitas kerja, Perseroan memiliki SOP yang berlaku bagi karyawan, kontraktor, pemasok, dan mitra usaha lainnya yang berada di dalam wilayah operasi Perseroan dan entitas anak; dan menyediakan berbagai sarana dan prasarana keselamatan kerja. [403-3]

Sejak dimulainya masa pandemi Covid-19 di Indonesia pada tahun 2020, untuk melindungi karyawan dari penyebaran dan penularan virus di wilayah operasi Perseroan dan entitas anak, Perseroan dan entitas anak menerapkan work-from-home dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagaimana ditetapkan oleh pemerintah dengan memberlakukan shifting hari dan jam kerja karyawan. Perseroan dan entitas anak juga melakukan penyemprotan disinfectant secara berkala, melakukan pemeriksaan suhu tubuh karyawan dan/atau tamu menggunakan thermo scanner, dan melengkapi wilayah operasi Perseroan dan entitas anak dengan sarana dan prasarana kesehatan seperti masker, hand sanitizer, multivitamin, pembatas ruang kerja acrylic, dan tempat cuci tangan. Perseroan menyelenggarakan sesi pelatihan pencegahan, penyebaran, dan penanggulangan Covid-19 di tempat kerja secara daring untuk memastikan kesiapan karyawan dalam menghadapi keadaan darurat.

Jumlah turnover karyawan Perseroan pada tahun 2020 adalah sebesar 9,3%. Angka ini menunjukkan adanya penurunan dibandingkan dengan tahun 2019 sebesar 14,8%.

Selama tahun 2020, tidak terjadi kecelakaan kerja yang signifikan menyebabkan gangguan produksi atau pelaksanaan proyek. Perseroan dan entitas anak juga tidak menerima laporan indikasi pelanggaran terkait ketenagakerjaan, kesehatan, dan keselamatan kerja.

Program
Berikut ini adalah beberapa rencana dan realisasi program CSR terkait aspek ketenagakerjaan, kesehatan, dan keselamatan kerja yang telah dilaksanakan pada tahun 2020, diperbandingkan dengan realisasi program CSR tahun 2019 dan 2018:

Rencana Tahun 2020
Realisasi Program Tahun 2020
Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  • Pada tahun 2020, Perseroan dan entitas anak melaksanakan pelatihan K3 terintegrasi, antara lain pelatihan dasar bagi seluruh karyawan, pelatihan pengawasan untuk semua pengawas, pelatihan pencegahan fatalitas bagi karyawan dan kontraktor, pelatihan Keselamatan Pertambangan dan Lingkungan Hidup (KPLH) khusus bagi karyawan dan kontraktor, pelatihan tanggap darurat dan pelatihan sistem manajemen untuk tim tanggap darurat (ERT) ataupun non-ERT, serta pemahaman aturan K3 yang harus dipatuhi baik oleh karyawan, kontraktor, pemasok, maupun pengunjung di dalam lingkungan kerja Perseroan dan entitas anak.
Inspeksi Keamanan dan Kebersihan Area Kerja
  • Selama tahun 2020, Perseroan dan entitas anak secara rutin menjaga kebersihan area kerja sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dan tetap melaksanakan penilaian keselamatan kerja dan kebersihan di wilayah operasi Perseroan dan entitas anak.
Pengadaan dan Inspeksi Sarana dan Prasarana Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  • Pada tahun 2020, sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19 di wilayah operasi Perseroan dan entitas anak, Perseroan dan entitas anak melakukan penyemprotan disinfectant secara berkala, menyediakan alat pelindung diri medis seperti masker, hand sanitizer, dan multivitamin, serta melakukan inspeksi rutin atas sarana dan prasarana kesehatan dan keselamatan kerja.
Pemeriksaan Kesehatan Karyawan
  • Untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu, Perseroan dan entitas anak mewajibkan karyawan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum pekerjaan tersebut dilakukan. Perseroan juga mengagendakan pemeriksaan kesehatan karyawan secara rutin untuk karyawan di IPP PLTU.
  • Pada tahun 2020, Perseroan dan entitas anak melaksanakan pemeriksaan kesehatan antara lain rapid test dan swab Polymerase Chain Reaction (PCR) test untuk karyawan Perseroan dan entitas anak sebagai bagian pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah operasi Perseroan dan entitas anak.