Aspek Tanggung Jawab Produk

Kebijakan

Kepuasan pelanggan merupakan fokus utama Perseroan dan entitas anak dalam menjalankan kegiatan usahanya. Oleh karena itu, Perseroan dan entitas anak bertanggung jawab kepada pelanggan atas produk dan jasa yang dihasilkan.

Dalam rangka pengembangan produk dan jasa yang disediakan, Perseroan dan entitas anak akan senantiasa berupaya untuk mengembangkan inovasi-inovasi.

Dari sisi bisnis tambang, Perseroan dan entitas anak berkomitmen untuk senantiasa menjaga kualitas batubara yang sesuai dengan spesifikasi permintaan pelanggan.

Untuk kegiatan usaha bisnis penyediaan listrik, upaya inovasi yang diterapkan adalah dengan melakukan overhaul dengan tepat waktu sehingga memastikan bahwa kegiatan produksi listrik dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Sementara itu, dari segi bisnis teknologi, Perseroan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan jasa internet yang disediakan. Sedangkan untuk bisnis bahan kimia, Perseroan selalu berupaya untuk berinovasi dalam menciptakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan berbeda dari produk-produk kompetitor.

Selama tahun 2020, Perseroan dan entitas anak tidak menerima laporan untuk produk yang ditarik kembali maupun indikasi pelanggaran terkait produk dan/atau jasa yang dihasilkan yang bersifat signifikan.

Program
Berikut ini adalah beberapa rencana dan realisasi program CSR terkait aspek tanggung jawab produk yang telah dilaksanakan pada tahun 2020, diperbandingkan dengan realisasi program CSR tahun 2019 dan 2018:

Rencana Tahun 2020
Realisasi Program Tahun 2020
Penerapan Manajemen Mutu Penambangan Batubara
  • Pada tahun 2020, Perseroan melalui entitas anak melakukan penambangan batubara secara terkontrol untuk menghasilkan kualitas batubara yang sesuai spesifikasi yang diinginkan pelanggan.
  • Pada tahun 2020, Perseroan melalui entitas anak melakukan pengiriman batubara melalui terminal khusus untuk menjamin pelaksanaan dan ketepatan waktu pengiriman.
  • Pada tahun 2020, Perseroan melalui entitas anak melakukan pengecekan sampel batubara melalui pihak independen.
  • Pada tahun 2020, Perseroan melalui entitas anak melakukan penyimpanan dan pengiriman batubara secara hati-hati untuk menjaga kualitas dan kuantitas produk.
Penerapan Manajemen Mutu Ketenagalistrikan
  • Pada tahun 2020, Perseroan dan entitas anak menerapkan manajemen mutu yang terlaksana dengan baik dan konsisten di setiap unit pembangkit listrik.
Informasi Produk
  • Pada tahun 2020, Perseroan menyediakan informasi terkait produk di laman Perseroan dan senantiasa melakukan pemutakhiran secara berkala.
Pertemuan dan Komunikasi dengan Pelanggan
  • Pada tahun 2020, Perseroan dan entitas anak melakukan pertemuan rutin dengan pelanggan untuk membahas jadwal produksi, kuantitas, dan kualitas listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik Perseroan.
Peningkatan Layanan Pelanggan
  • Pada tahun 2020, Perseroan melalui entitas anak melakukan evaluasi dan berupaya mengembangkan layanan pelanggan bisnis teknologi yang lebih baik secara efektif dan efisien.
Pemeliharaan Sistem
  • Pada tahun 2020, Perseroan dan entitas anak melakukan pemeliharaan terjadwal pembangkit listrik dan jaringan infrastruktur yang dimiliki.