Sumber Daya Manusia

SDM adalah salah satu kunci pendukung kesuksesan dan keberlanjutan Perseroan dan entitas anak. Karena itu, perencanaan dan pengelolaan SDM yang baik menempati salah satu prioritas utama Perseroan dan entitas anak.

Pada akhir tahun 2020, Perseroan dan entitas anak memiliki 1.843 karyawan yang terdiri dari 1.584 karyawan tetap dan 259 karyawan kontrak. Jumlah ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya dimana Perseroan dan entitas anak mempekerjakan 2.525 karyawan. Hal ini dikarenakan terjadinya pengalihan sebesar 75% kepemilikan Perseroan dalam PT DSSP Power Mas Utama dan entitas anak pada tanggal 23 Desember 2020. Jumlah karyawan yang bekerja di Perseroan (di luar entitas anak) adalah 595 orang. Laju turnover karyawan Perseroan pada tahun 2020 adalah sebesar 9,3%. Angka ini menunjukkan adanya penurunan dibandingkan dengan tahun 2019 sebesar 14,8%.

Profil karyawan Perseroan dan entitas anak per 31 Desember 2020 dan 31 Desember 2019 adalah sebagai berikut:



Perseroan memberikan kesempatan yang setara kepada karyawan yang memiliki kompetensi, karakter, dan etos kerja yang baik untuk mengembangkan karirnya secara profesional dan dipromosikan ke jabatan lowong yang lebih tinggi, tanpa membedakan suku, agama, ras, dan usia. Perseroan juga senantiasa berupaya memberikan kesempatan kerja yang setara tanpa membedakan jenis kelamin. Namun, hingga 31 Desember 2020, tenaga kerja Perseroan dan entitas anak masih didominasi tenaga kerja pria. Hal Ini disebabkan karena kegiatan usaha Perseroan dan entitas anak didominasi oleh kegiatan usaha di bisnis penyediaan tenaga listrik dan pertambangan.