DSSA Sinarmas lini bisnis Penyediaan Tenaga Listrik

PT DSSP Power Kendari Kembangkan Program Pendidikan Ketenagalistrikan untuk Putra-Putri Sulawesi

Kendari, 17 Oktober 2018 – PT DSSP Power Kendari melalui program EDP (Engineering Development Program) dan PTPL (Pendidikan Tenaga Pembangkit Listrik) membina lulusan S1/D3 dan SMK/SMA menjadi engineer, operator, dan teknisi ketenagalistrikan. Melalui program pendidikan yang berkisar antara 1-2 tahun, perusahaan telah berhasil meluluskan 89 wisudawan di Hotel Swiss-Belhotel Kendari pada hari Rabu, 17 Oktober 2018.

PT DSSP Power Kendari adalah perusahaan IPP PLTU berkapasitas 2 x 50 MW yang merupakan anak perusahaan tidak langsung dari PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA), salah satu perusahaan yang berfokus pada bisnis energi dan infrastruktur. Proyek IPP PLTU Kendari-3 yang berlokasi di Konawe Selatan - Sulawesi Tenggara ini merupakan salah satu dari tiga proyek IPP PLTU milik DSSA.

Peserta dari kedua program tersebut telah menjalani proses rekrutmen dan seleksi yang ketat, dengan memberikan prioritas kepada putra-putri Sulawesi. Program EDP dikembangkan oleh tim internal perusahaan dan menitikberatkan pada proses dan sistem PLTU, dimana pada akhir pelatihan, peserta melakukan kerja magang untuk memperdalam pengetahuan dan ketrampilan. Sementara itu, Program PTPL dikembangkan melalui kerjasama dengan Sekolah Tinggi Teknik PLN di Jakarta. Untuk mengasah ketrampilan dan pematangan sikap kerja sebagai calon operator atau teknisi, program PTPL dirancang dengan mengkombinasikan pelatihan di dalam kelas dan pelatihan di lapangan. Pada akhir pelatihan, setiap peserta EDP dan PTPL diuji untuk memperoleh sertifikasi kompetensi dari PT Sertifikasi Kompetensi Pembangkit Tenaga Listrik.

Bapak Hermawan Tarjono, Direktur Sumber Daya Manusia DSSA, menyampaikan bahwa program EDP dan PTPL ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari komitmen perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi operasi perusahaan. Program ini tidak hanya mendidik putra-putri terbaik lulusan Perguruan Tinggi dan SMA/SMK untuk dicetak menjadi ahli ketenagalistrikan yang kompeten, handal dan tersertifikasi, tetapi juga memberikan kesempatan kerja bagi lulusan EDP dan PTPL di IPP PLTU milik DSSA.  Program EDP dan PTPL ini tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan, tetapi juga bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. 

Mewakili peserta program EDP dan PTPL, Ahmad Darsa, menyampaikan bahwa selama menjalani program pendidikan, tidak hanya kemampuan teknis yang diajarkan, tetapi juga soft skill untuk menjadi pekerja profesional, sehingga peserta merasa lebih siap untuk memasuki dunia kerja. Sebagai putra daerah Sulawesi, dirinya merasa bangga dapat menjadi bagian dari program EDP dan PTPL dan untuk selanjutnya dapat ikut berkarya membangun daerahnya sendiri. 

Acara wisuda diisi antara lain dengan penjelasan dan pemaparan laporan pelaksanaan program EDP dan PTPL oleh Bapak Mohamad Ramdan, selaku Division Head - O&M Business Support, prosesi wisuda berupa penyerahan sertifikat kelulusan dan transkrip nilai kepada semua peserta EDP dan PTPL, serta pemberian penghargaan kepada peserta EDP dan PTPL terbaik.

Kontak

Susan Chandra

Sekretaris Perusahaan - PT Dian Swastatika Sentosa Tbk.

Email: susan.chandra@dss.co.id